Monday, 7 August 2017

5 Skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang programmer

skill wajib programers
skill wajib programers
Berbicara tentang pemerograman, baik software maupun website, pasti di otak kita selalu terlintas kata programmer, sebenarnya apa sih programmer itu, nah kali ini saya akan memberitahu pengertian programmer yang sesungguhnya, silahkan dibaca baik-baik.

Menurut Wikipedia Programmer adalah insinyur perangkat lunak, atau orang yang membuat perangkat lunak komputer, isitilah programmer dapat dirujukkan sebagai pemerogram perangkat lunak, atau kepada spesialis yang menulis kode untuk berbagai jenis perangkat lunak, secara singkatnya, programmer itu adalah orang yang membuat software, atau perangkat lunak.

Namun disini kita tidak membahas semua tentang programmer secara luas, karena jika saya membahasnya secara luas, mungkin tidak akan ada habisnya. jadi kali ini saya hanya akan memberikan anda informasi mengenai 5 skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang programers.

Sebagai seorang programmer kita dituntut harus mempunyai skill yang baik dan sikap yang dewasa, kenapa? karena sebenarnya menjadi programmer adalah pekerjaan yang tidak mudah. Menjadi seorang programmer juga dibutuhkan kecerdasan yang cukup, sebab untuk menjadi programmer tidak mungkin anda hanya cukup menguasai 1 bahasa pemerograman saja, mengingat bahasa pemerograman itu ada banyak, katakanlah seperi, phyton, php, javascript, c++, c##, dan masih banyak lagi. oleh karena itu anda harus siap mempelajari bahasa pemerograman yang lain, jangan hanya puas dengan menguasai 1 bahasa pemerograman saja.

Dibawah ini saya tuliskan 5 skill wajib bagi programmer.

1. Problem Solving skill (Kemampuan menyelesaikan masalah)

Problem Solving skill dalam bahasa kita adalah kemampuan menyelesaikan masalah, ya jelas bahwa menjadi seorang programmer anda harus bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif dan efisien. sebagai contoh, anda membuat sebuah software yang telah dipakai oleh ratusan, bahkan jutaan orang, dan software anda mengalami masalah, dan seorang user memberitahu anda bahwa software anda bermasalah, maka anda harus bisa menyelesaikan permasalahan mereka jika tidak ingin membuat client atau user anda kecewa. walaupun anda menguasai hampir bahkan semua bahasa pemerogman semua akan sia-sia jika anda tidak memiliki kemampuan menyelesaikan masalah.

 Di forum pemerograman pasti kita sering melihat orang-orang yang begitu manja, dikit-dikit bertanya. padahal pertanyaan mereka sangat dasar dan dengan mudah dapat ditemukan di buku, internet, maupun dokumen. akhrinya bukan jawaban yang didapat, malah bully dari teman-temannya yang ada di forum tersebut. seperti inilah contoh orang yang tidak memiliki kemampuan menyelesaikan masalah.

Problem solving skill ini dapat dipelajari sendiri maupun di kampus-kampus. jika anda adalah mahasiswa teknik informatika anda akan diajarkan tentang Problem solving skill ini.

2. Critical Thinking (Berfikir kritis)

Secara sederhana ini adalah skill berfikir kritis yang wajib dimiliki oleh seorang programmer, yaitu kemampuan untuk berfikir membedakan mana solusi yang tepat dan mana solusi yang tidak tepat. mana proses yang benar dan mana proses yang salah.

Critical Thinking adalah salah satu bentuk dari Correct Thinking yaitu berpikir dengan benar. Tanpa kemampuan berpikir dengan benar, tidak mungkin sebuah software dapat diciptakan.

3. Self learning Skill

Definisi Self-Learning adalah belajar mandiri secara terus menerus atas keinginan sendiri tanpa diminta atau diperintah. Dunia software adalah dunia yang dinamis dan berkembang dengan cepat. Apa yang kita pelajari hari ini akan segera kadaluwarsa bulan depan. Jika kita tidak suka belajar mandiri, kita akan ketinggalan terus dan menjadi usang.

Oleh sebab itu, seorang programmer perlu melatih dirinya sendiri untuk belajar hal-hal baru, belajar metode baru, menyerap pengetahuan baru untuk mengembangkan diri.

4. Reading Skill

Reading skill atau kemampuan membaca yang dimaksud di sini adalah membaca dengan utuh, menangkap maksud atau instruksi dari sebuah pesan yang disampaikan. Kita tahu bahwa di dunia pemrograman, kita perlu membaca manual, dokumentasi, buku, dan tentu saja source code. Supaya seluruh pesan diterima dengan benar, kita harus membacanya satu-persatu, dengan lengkap. Ini membutuhkan kesabaran, ketelitian, kecermatan yang memang sudah menjadi bakat yang dimiliki seorang programmer.

Kalau kita tidak memiliki kemampuan membaca satu-persatu sampai selesai, dengan teliti dan cermat, itu tandanya kita tidak cocok menjadi programmer.

5. Writing Skill

Selain reading skill, tentu saja seorang programmer harus memiliki writing skill. Sebab, programmer kan harus menulis source code, menulis dokumentasi, dan mungkin saja harus membuat artikel di web/wiki.

Kalau pada dasarnya tidak suka menulis, maunya copy paste dari tulisan orang di internet, ya ndak cocok jadi programmer.

Writing skill juga diajarkan di buku-buku dan di kampus-kampus dalam bentuk mata kuliah umum atau pilihan.

 Nah itulah tadi 5 skill wajib yang harus dimiliki oleh programmer. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk anda semua.







Oleh sebab itu, seorang programmer perlu melatih dirinya sendiri untuk belajar hal-hal baru, belajar metode baru, menyerap pengetahuan baru untuk mengembangkan diri.

Read more at: https://ilhamrizqi.com/2014/08/5-skill-yang-paling-dibutuhkan-programmer/

This Is The Oldest Page

2 comments

ane Pengen dong punya kelima skill itu :D

Ditambah lagi om, kemampuan membaca algoritma. Apapun bahasa pemrogramannya, kudu paham algoritma.


EmoticonEmoticon